Sunday, March 1, 2020

Pelatihan Kerja Peningkatan SDM PT Kharisma Printex

Pelatihan kerja peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) PT Kharisma Printex dilaksanakan pada 13-19 November 2019. Pelatihan kerja ini diadakan oleh Kementrian Perindustrian, materi-materi yang diberikan pun mengenai proses produksi, karakter building, K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan), dan 5R (Resik, Ringkas, Rapi, Rawat dan Rajin).



Pelatihan Kerja merupakan suatu kegiatan mengenai memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Pelatihan kerja juga bisa dijadikan sebagai salah satu jalur untuk meningkatkan kualitas serta mengembangkan karier tenaga kerja.

Di Indonesia, pelatihan kerja merupakan salah satu dari tiga pilar utama peningkatan kualitas tenaga kerja, yaitu: standar  kompetensi kerja, pelatihan berbasis kompetensi oleh lembaga yang independen.


Peserta pelatihan kerja ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari kepala bagian dan staf-staf PT Kharisma Printex. Manfaat di adakannya pelatihan kerja ini untuk meningkatkan kompetensi kerja para karyawan.


Adapun fungsi pelatihan kerja adalah setiap tenaga kerja , berhak untuk memperoleh, meningkatkan, atau mengembangkan kompetensi kerja sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan melalui pelatihan kerja. Sesuai dengan pasal 12 ayat (3) UU Ketenagakerjaan, yaitu menjamin setiap pekerja/buruh untuk memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti pelatihan kerja sesuai dengan bidang tugasnya.

No comments:

Post a Comment